Proses Perencanaan Pendidikan |
Suatu perencanaan meliputi usaha untuk menetapkan tujuan atau menformalisasikan tujuan yang dipilih untuk dicapai, maka perencanaan dapat membedakan arah dalam usaha-usaha pembelajaran agar proses KBM berjalan dgn baik. Memudahkan pelaksanaan proses KBM untu mengidentifikasi hambatan-hambatan apa yang mungkin timbul dalam usaha mencapai tujuan tersebut. Ada 3 komponen yang perlu ada dalam perencanaan pembelajaran yakni: Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi. Eksplorasi adalah upaya awal membangun pengetahuan melalui peningkatan pemahaman atas suatu fenomena (American Dictionary). Strategi yang digunakan memperluas dan memperdalam pengetahuan dengan menerapkan strategi belajar aktif. Ciri-ciri pembelajaran berbasis eksporasi diantaranyaadalah: (1) Melibatkan peserta didik mencari informasi (topik tertentu), (2) Menggunakan beragam pendekatan, media dan sumber belajar, (3) Memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik. Elaborasi adalah kegiatan memastikan bahwa pelajaran diorganisasikan dari materi yang sederhana menuju pada harapan yang kompleks dengan mengembangkan pemahaman pada konteks yang lebih bermakna sehingga berkembang menjadi ide-ide yang terintegrasi. Menurut Reigeluth (1999) elaborasi mengandung beberapa nilai yang pertama terdapat urutan instruksi yang mencakup keseluruhan sehingga memungkinkan untuk meningkatkan motivasi dan kebermaknaan. Yang kedua memberi kemungkinan kepada pelajar untuk mengarungi berbagai hal dan memutuskan urutan proses belajar sesuai dengan keinginannya, yang ketiga memfasilitasi pelajar dalam mengembangkan proses pembelajaran dengan cepat, yang keempat mengintegrasikan berbagai variabel pendekatan sesuai dengan desain teori.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar