RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( SK1KD1SM1)
A.
IDENTITAS
Nama
Sekolah : SMA AL Hikmah JAKARTA
Mata
Pelajaran : Sejarah
Kelas / Semester : X / I
Materi
Pokok : Cara berfikir kronologis dan sinkronik dalam
mempelajari
sejarah
Alokasi Waktu : 3
x 2 JP
Tujuan
Pembelajaran :
Setelah kegiatan pembelajaran diharapkan :
3.1 Peserta didik dapat memahami dan menerapkan konsep berpikir kronologis (diakronik),
sinkronik, ruang dan waktu dalam sejarah
4.1 Peserta didik dapat menyajikan informasi dalam bentuk tulisan mengenai keterkaitan antara konsep berpikir kronologis ( diakronik ), sinkronik, ruang dan waktu
dalam sejarah
|
Kompetensi Dasar :
3.1 Memahami dan menerapkan konsep berpikir
kronologis (diakronik), sinkronik, ruang dan waktu dalam sejarah
4.1 Menyajikan informasi mengenai keterkaitan antara
konsep berpikir kronologis (
diakronik ), sinkronik, ruang dan waktu dalam sejarah
|
Indikator :
3.1.1
Membedakan pengertian kronologis (diakronik) dan
sinkronil didalam sejarah
3.1.2
Memahami
cara berfikirn kronologis dan sinkronik didalam mempelajari sejarah.
3.1.3
Memahami
konsep ruang dan waktu didalam sejarah
3.1.4
Memahami keterkaitan
antara konsep berpikir kronologis (
diakronik ), sinkronik, ruang dan waktu dalam sejarah
4.1.1
Menyajikan
informasi mengenai keterkaitan antara konsep berpikir kronologis ( diakronik ), sinkronik, ruang dan waktu
dalam sejarah
|
Materi
Pembelajaran :
Cara berfikir kronologis dan sinkronik dalam
mempelajari sejarah
· Cara berfikir kronologis dalam mempelajari sejarah
· Cara berfikir sinkronik dalam mempelajari
sejarah
· Konsep ruang dan waktu dalam sejarah
|
Metode Pembelajaran :
Diskusi dan penugasan
Media Pembelajaran : Buku paket sejarah kelas X
B.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan ke : 1
Pendahuluan : 15
Menit
Orientasi : diberikan
ilustrasi tentang karakteristik keilmuan
dalam ilmu pengetahuan yang
berbeda-beda dan khas demikian pula dengan sejarah.
Apersepsi : Memberikan persepsi awal tentang materi ; cara berfikir kronologis dan sinkronik dalam
mempelajari sejarah melalui pertanyaan, pentingkah dalam kehidupan kita berfikir secara kronologis ?
Mekanisme Pelaksanaan Pembelajaran :
·
Disampaikan
kepada siswa tujuan pembelajaran dalam
pertemuan I adalah Membedakan
pengertian kronologis (diakronik) dan sinkronil didalam sejarah dan memahami cara berfikir
kronologis dan sinkronik didalam mempelajari sejarah.
·
Dijelaskan
kegiatan pembelajaran pada pertemuan 1 adalah diskusi bebas dengan teman
sebangku dan atau teman lainya sekelas dilakukan dengan tertib dan penugasan
individu dalam bentuk catatan hasil
diskusi.
|
Inti : 65
Menit
Mengamati: membaca buku teks sejarah kelas X,
materi tentang cara berfikir
kronologis dan sinkronik dalam mempelajari sejarah
Menanya: berdiskusi dengan teman sebangku dan atau teman sekelas lainya untuk
mendapatkan pendalaman pemahaman tentang perbedaan pengertian kronologis (diakronik) dan
sinkronil didalam sejarah dan memahami
cara berfikir kronologis dan sinkronik didalam mempelajari sejarah.
Mengeksplorasikan: mengumpulkan informasi terkait dengan pertanyaan
mengenai perbedaan pengertian kronologis (diakronik) dan sinkronil
didalam sejarah dan memahami cara
berfikir kronologis dan sinkronik didalam mempelajari sejarah, dari sumber
tertulis, sumber lainnya dan atau
internet.
Mengasosiasikan: menganalisis hasil informasi yang didapat dari sumber tertulis, sumber
lainya dan atau internet untuk
mendapatkan kesimpulan tentang perbedaan pengertian kronologis (diakronik)
dan sinkronil didalam sejarah dan
memahami cara berfikir kronologis dan sinkronik didalam mempelajari sejarah.,
Mengomunikasikan: menulis hasil analisis informasi yang didapat dalam buku catatan berupa kesimpulan tentang perbedaan
pengertian kronologis (diakronik) dan sinkronil didalam sejarah dan memahami cara berfikir
kronologis dan sinkronik didalam
mempelajari sejarah.,
|
Penutup : 10 Menit
·
Bersama-sama
dengan siswa guru meberikan penekanan-penekanan dalam bentuk
kesimpulan materi pembelajaran yang
dipelajari pada pertemuan I,
·
Memberikan
komentar terhadap kegiatan pembelajaran dalam pertemuan I, terutama hal-hal
yang kurang berkenan sebagai
masukan untuk perbaikan dalam
pertemuan II.
|
Pertemuan ke : 2
Kegiatan Awal : 15
Menit
Orientasi : Diberikan ilustrasi tentang salah satu peristiwa
dalam sejarah seperti peristiwa proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945.
Apersepsi ; Diberikan pernyataan bahwa setiap peristiwa apapun
yang pernah terjadi pasti terkait dengan ruang dan waktu !
Mekanisme Pelaksanaan Pembelajaran :
·
Disampaikan
kepada siswa bahwa tujuan pembelajaran dalam
pertemuan II adalah memahami konsep ruang dan waktu didalam sejarah
dan memahami keterkaitan antara konsep berpikir kronologis ( diakronik ), sinkronik, ruang dan waktu
dalam sejarah
·
Dijelaskan
kegiatan pembelajaran pada pertemuan
II adalah diskusi bebas dengan teman sebangku dan atau teman lainya sekelas
dilakukan dengan tertib dan penugasan individu dalam bentuk catatan kesimpulan hasil diskusi.
|
Kegiatan Inti : 65
Menit
Mengamati:
membaca buku teks sejarah kelas X,
materi tentang konsep ruang dan
waktu didalam sejarah
Menanya: berdiskusi dengan teman sebangku dan atau teman lainya
sekelas untuk mendapatkan pendalaman pemahaman tentang konsep ruang dan waktu
didalam sejarah dan memahami
keterkaitan antara konsep berpikir kronologis ( diakronik ), sinkronik, ruang dan waktu
dalam sejarah
Mengeksplorasikan: mengumpulkan informasi terkait dengan pertanyaan
mengenai konsep ruang dan waktu didalam sejarah dan memahami keterkaitan
antara konsep berpikir kronologis (
diakronik ), sinkronik, ruang dan waktu dalam sejarah, dari sumber tertulis,
sumber lainnya dan atau internet.
Mengasosiasikan: menganalisis hasil informasi yang didapat dari sumber tertulis, sumber lainya
dan atau internet untuk mendapatkan
kesimpulan tentang konsep ruang dan waktu didalam sejarah dan memahami
keterkaitan antara konsep berpikir
kronologis ( diakronik ), sinkronik,
ruang dan waktu dalam sejarah
Mengomunikasikan: menulis hasil analisis informasi yang didapat dalam buku catatan berupa kesimpulan tentang konsep ruang dan
waktu didalam sejarah dan memahami keterkaitan antara konsep berpikir
kronologis ( diakronik ), sinkronik,
ruang dan waktu dalam sejarah
|
Kegiatan Penutup : 10 Menit
·
Bersama dengan
siswa guru meberikan penekanan-penekanan
dalam bentuk kesimpulan materi
pembelajaran yang dipelajari pada
pertemuan II,
·
Memberikan
arahan kepada siswa bahwa pertemuan ke
III adalah tugas pembuatan laporan tertulis
dan tes tertulis.
|
C.
PENILAIAN
BENTUK
PENILAIAN
|
TEKNIK
PENILAIAN
|
BENTUK
INSTRUMEN
|
INSTUMEN
|
Observasi
|
Mengamati kegiatan peserta didik dalam
proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
|
Skala
sikap
|
Lihat
lampiran 1
|
Portopolio
|
Menilai laporan peserta didik tentang cara berfikir
kronologis, sinkronik, ruang dan waktu
dalam sejarah.
|
Instrumen
penilaian karya tulis
|
Lihat
lempiran 2
|
Tes
tertulis
|
menilai
kemampuan peserta didik dalam memahami dan menerapkan cara
berfikir kronologis, sinkronik serta keterkaitannya dengan konsep ruang waktu
dalam sejarah.
|
Soal
tes
|
Lihat
lampiran 3
|
Jakarta,24
Mei 2014 Guru Mata Pelajaran,
__________________________
Tidak ada komentar:
Posting Komentar