Minggu, 07 April 2013

kajian Buku The Learning Revolution

Telaah buku THE LEARNING REVOLUTION
oleh : Dirgantara Wicaksono


Pendahuluan
            Buku “The Learning Revolution” karya Gordon Dryden dan Dr. Jeanette Vos diterbitkan  pertama kali pada 1993 di New Zealand.Sejak diterbitkan hingga tahun 1999 buku The Learning Revolution telah terjual lebih dari tujuh juta kopi di seluruh dunia yang  merupakan rekor tertinggi pada saat itu. Rekor penjualan tertinggi yang dicapai oleh buku ini bukanlah tanpa sebab.Buku ini seperti judulnya menawarkan revolusi terhadap pemahaman kita mengenai keberagaman manusia dan pentingnya masa pertumbuhan manusia sejak dalam kandungan termasuk betapa menakjubkannya cara otak manusia bekerja. Dengan memahami hal tersebut, kita sebagai guru ataupun individu dapat memaksimalkan potensi belajar anak didik maupun diri kita sendiri.Buku ini mengenengahkan rangkuman riset dari berbagai disiplin yang disintesiskan menjadi teori baru belajar dan  masyarakat belajar (theory of learning and learning society).
            Buku “The Learning Revolution” disusun berdasarkan 8 dasar yang dipercayai oleh Gordon Dryden dan Dr. Jeanette Vos yaitu:
  1. Dunia sedang mengalami perubahan yang cepat dan mengalami titik balik yang fundamental dalam sejarahnya
  2. Kita hidup melalui sebuah revolusi yang  mengubah cara kita hidup, berkomunikasi, berpikir dan sejahtera
  3. Revolusi ini akan menentukan bagaimana dan jika, kita dan anak-anak kita bekerja, mendapat penghasilan dan menikmati hidup
  4. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, semuanya sekarang mungkin
  5. Kemungkinan tidak lebih dari satu di antara lima orang yang benar-benar tahu keuntungan perubahan-bahkan di negara yang telah maju sekalipun.
  6. Meskipun kita tahu jawabannya, 20 persen elit mengambil 60 persen pendapatan nasional negara dan seperlima orang termiskin hanya mendapat 2 persen sehingga  mereka tetap menjadi miskin, gagal sekolah, terlibat kejahatan, obat-obatan, putus asa, kekerasan dan ledakan sosial
  7. Kita memerlukan sebuah revolusi yang parallel dalam belajar sepanjang hayat agar sejajar dengan Revolusi Informasi
  8. Beruntung, revolusi itu-sebuah revolusi yang membantu setiap dari kita belajar segala sesuatunya lebih cepat dan lebih baik-juga berkembang dengan pesat

Pembahasan Isi Buku
            Buku “The Learning Revolution” dibuat dengan sedemikian rupa sehingga meskipun menyangkut topik yang serius tetapi tetap dapat mudah dibaca karena di setiap halaman  kedua terdapat “halaman poster”yang merupakan rangkuman dari halaman sebelumnya.Dari lima belas bab, bab yang terpenting dan menjadi inti dari buku ini adalah bab 5 yaitu bagaimana berpikir ide-ide yang hebat.Kunci bagaimana berpikir ide-ide yang hebat adalah dengan berpikir kreatif.Bab lima ini menjelaskan bagaimana kita sebagai diri sendiri maupun sebagai pendidik dapat membuat diri sendiri dan siswa untuk berpikir kreatif.
            Contoh-contoh sukses yang didapat orang-orang yang berpikir kreatif antara lain Thomas Edison yang mempunyai 1093 paten, Walt Disney dan Steve Jobs, Bill Gates dan banyak lagi lainnya.Dengan demikian berpikir kreatif dan bagaimana menemukan masa depan kita sendiri harus dipandang penting dan diajarkan termasuk di sekolah tetapi kenyataannya tidaklah demikian. Di sekolah kita diajarkan bahwa setiap prinsip ada satu jawaban yang benar padahal jalan keluar yang hebat dalam hidup berasal dari jawaban yang baru seluruhnya, jawaban berasal dari gugatan terhadap status quo bukan dengan menerimanya.Seorang konsultan mengenai kreativitas di California bernama Roger von Oech menulis dalam buku berjudul A Whack on The Side of The Head bahwa rata-rata orang yang menyelesaikan kuliah menjalani 2600 tes, kuis dan ujian.Pendekatan “jawaban yang benar” menjadi sangat tidak mengembangkan pemikiran kita.Untuk matematika, pendekatan ini mungkin baik karena memang hanya ada satu jawaban yang benar.Namun, kebanyakan hidup tidaklah demikian, hidup penuh dengan ambiguitas karena terlalu banyak jawaban yang benar-semuanya tergantung pada apa yang kita cari.
            Untuk berpikir kreatif dan menghasilkan ide-ide yang harus dilakukan adalah:
  1. Definisikan problem Anda. Definisikan masalah secara spesifik tetapi tidak membatasi
  2. Definisikan solusi ideal Anda dan visualisasikan.Pada tahap ini Anda mendefinisikan apa yang Anda ingin capai secara ideal maka Anda akan mengorganisasikan 100 juta neuron otak aktif Anda untuk menjembatani kesenjangan antara tempat Anda sekarang dan tempat yang akan Anda tuju
  3. Menyatukan semua fakta.Semua ide besar adalah sebuah kombinasi baru dari elemen-elemen lama yang kemudian disatukan.Kuncinya adalah menyatukan semua informasi.
  4. Rombak Pola.Untuk menyelesaikan masalah secara kreatif, Anda harus membuka jalan baru, menemukan poin-poin silang baru dan menemukan hubungan-hubungan baru maka Anda harus merombak pola atau tatanan yang sudah ada.
  5. Keluar dari bidang Anda.Buang prekonsepsi yang Anda miliki.Elemen-elemen yang Anda gunakan untuk menyelesaikan masalah tidak hanya berasal dari bidang yang Anda tekuni selama ini.Semua penemu, mengembangkan temuannya dari pengetahuan yang baru.
  6. Bermain dengan berbagai macam kombinasi.Cobalah berbagai hal sebagai starting point untuk menyelesaikan sebuah masalah.Bacalah berbagai buku dan teruslah bertanya”bagaimana jika” , “bagaimana jika saya mengombinasikan ini dengan itu?” “Bagaimana jika saya memulai dari sini daripada dari sana?” dsb
  7. Gunakan seluruh indra Anda.Jika masalah Anda telah didefinisikan secara matematis cobalah untuk memvisualisasikan beberapa jawaban.Mind Mapping juga berguna sebagai alat kreatif untuk menyatukan berbagai informasi dalam cara yang baru.
  8. Matikan.Biarkan ia mendidih secara perlahan.Biarkan agar otak Anda mencapai tahap mode yang paling reseptif dan kreatif
  9. Gunakan musik dan relaksasi.Berbagai cara dilakukan orang untuk relaksasi.
  10. Tidurlah dengan pikiran mengenai masalah dan solusi ideal untuk mengatasinya.Sebagian orang tidur, berjalan, mandi air hangat, minum wine.
  11. Eureka!solusi itu muncul.Sebagian proses tersebut bekerja karena hal tersebut serupa dengan cara otak Anda memeroses informasi yang pertama.Seperti halnya Anda dapat menggunakan alam bawah sadar untuk menyimpan informasi dalam pola-pola tertentu maka Anda dapat menggunakan alam bawah sadar Anda mendobrak pola-pola tersebut dan menemukan kombinasi yang baru.Namun hanya jika Anda menyatakan visi dan tujuan secara spesifik.
  12. Cek kembali.Ketika jawaban telah dikeluarkan, cek kembali apakah hal tersebut telah benar-benar memecahkan masalah?
            Penulis buku menekankan betapa menakjubkannya otak yang kita miliki yang dibahas tersendiri pada bab tiga. Otak disebut sebagai komputer terkuat di dunia.Setiap manusia memilikinya tetapi sedikit yang menyadari kekuatannya.Dalam bab tiga ini diungkap fakta mengenai otak. Meskipun kecil (rata-rata beratnya hanya 1,5 gram), otak memiliki 100 milyar sel otak aktif sejak lahir dan terus bertambah.Sel-sel otak manusia sejak lahir terus membuat koneksi-koneksi bentuk belajar yang baru yang dapat mencapai 3 juta koneksi dalam detik!Setiap satu sel dapat tumbuh hingga 20 ribu cabang yang dikatakan mungkin lebih banyak dari jumlah atom yang ada di alam semesta.Untuk membuktikannya penulis meminta kita memikirkan 10 hal yang  kita kerjakan setiap hari kemudian kombinasikan hal yang kita kerjakan tersebut dalam urutan yang mungkin untuk dikerjakan.Hasilnya adalah Anda mungkin dapat mengombinasikan 3.628.800 kombinasi.Ambil 11 hal hubungkan dan Anda akan mendapat 39.916.800 kombinasi lain!Maka bayangkan 100 milyar sel yang setiap selnya dapat membuat hingga 20 ribu macam koneksi yang berbeda!
            Setelah mengetahui  betapa hebatnya otak dan potensi yang dimilikinya maka untuk menggunakannya secara maksimal kita perlu mempelajari otak secara lebih lanjut.Mengetahui dari apa otak terbuat, bagaimana ia bekerja, bagaimana memori bekerja, bagaimana kita berkonsentrasi, dan bagaimana proses berpikir kreatif dapat dimunculkan.
            Otak yang satu memiliki 4 otak yang berbeda yaitu sebuah otak yang instingtif, sebuah “otak keseimbangan”, sebuah otak emosional, dan cortex (lapisan luar/kulit luar otak) yang luar biasa. Otak juga mempunyai dua bagian yang bekerja dalam keselarasan yaitu otak kanan yang merupakan otak “kreatif” karena berhubungan dengan puisi,rhythm,musik, gambar dan imajinasi dan otak kiri yang merupakan otak “akademik” karena berhubungan dengan kata-kata, logik, angka, matematik dan urutan.Bagian otak kanan dan kiri dihubungkan dengan corpus collosum. Otak kita bekerja seperti empat jaringan radio atau saluran televisi.Otak juga memiliki tingkatan-tingkatan:bagian dasar-dekat dengan leher bagian atas-disebut juga otak reptilian, mengontrol banyak dari fungsi instingtif tubuh seperti bernafas;lapisan tengah otak mengontrol emosi, seksualitas dan memiliki peran penting dalam ingatan;otak bagian atas atau kortex digunakan untuk berpikir, berbicara, melihat, mendengar dan berkreasi;otak kecil atau cerebellum berfungsi sebagai menyesuaikan postur dan keseimbangan.
            Profesor Howard Gardner-Psikologis dari Universitas Harvard mengatakan bahwa ada beberapa tipe kecerdasan dua di antaranya telah sangat dikenal dalam pendidikan yaitu kecerdasan linguistik dan kecerdasan logis atau  matematis.Tes kecerdasan selama ini fokus pada dua tipe ini sehingga banyak sekolah di seluruh dunia berkonsentrasi pada dua kebisaan sehingga menyebabkan potensi belajar individu menjadi terbatas.Gardner menyebut ada enam kecerdasan lain yang harus juga dieksplorasi dari setiap individu yaitu:kecerdasan musikal, kecerdasan spasial dan visual, kecerdasan kinestetik, kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal dan naturalis.   
            Peneliti menemukan paling tidak ada tiga preferensi gaya belajar yaitu: Pemelajar Haptik, Pemelajar Visual, Pemelajar Auditory.Pemelajar Haptik adalah orang yang dapat belajar lebih baik dengan bergerak, mengalami dan bereksperimen sering juga disebut dengan pemelajar kinestetik-taktil.Pemelajar Visual adalah orang yang dapat belajar lebih baik melalui gambar dengan persentase lebih  kecil bersifat “print-oriented” dan belajar melalui membaca.Pemelajar auditori adalah orang yang dapat belajar lebih baik melalui musik dan bicara.Terhadap perbedaan preferensi gaya belajar ini, Lynn O’Brien dari Specific Diagnostik Studies Inc. Maryland melalui penelitiannya menemukan bahwa kebanyakan siswa dari sekolah dasar dan sekolah menengah atas belajar lebih baik ketika mereka terlibat aktif dalam pembelajaran dan banyak bergerak sedangkan untuk orang dewasa belajar lebih baik dengan visual.Akan tetapi kita semua dapat belajar paling baik dan paling cepat dengan menghubungkan secara bersama-sama banyak dari kemampuan besar otak kita.
            Bagaimana otak kita menyimpan informasi adalah salah satu hal penting yang kita ketahui dalam belajar.Banyak ilmuwan percaya bahwa manusia menyimpan informasi dan menghubungkannya seperti cabang pohon.Akan tetapi ternyata otak bekerja lebih kompleks lebih dari itu, otak mengklasifikasi informasi dalam banyak file-file penyimpanan seperti perpustakaan atau sebuah buku indeks atau buku-buku referensi silang.Otak menyimpan informasi dengan membuat asosiasi-asosiasi karena setiap otak mempunyai association cortex.Maka untuk dapat mengingat lebih banyak, belajarlah menyimpan informasi dengan pola-pola dan dengan asosiasi yang kuat.Langkah  kedua adalah belajar menggunakan alam bawah sadar kita.Banyak peneliti yakin bahwa kita dapat menyerap informasi lebih cepat dan lebih efektif ketika otak kita dalam keadaan relaks.
            Penting untuk diperhatikan asupan oksigen dan nutrisi bagi otak kita.Untuk itu kita perlu memperhatikan makanan yang kita makan.Makan diet yang kaya asupan energi dan untuk itu kita perlu banyak glukosa yang dikandung oleh buah-buahan dan sayur-sayuran.Selain buah dan sayur, otak memerlukan makanan yang baik dan oksigen.Kita disarankan untuk mengambil napas dalam-dalam sebelum dan selama belajar untuk menambah oksigen dalam darah begitu juga dengan olahraga yang tidak saja baik untuk tubuh tapi untuk otak karena memperkaya darah dengan oksigen.Buku ini menyebut tips sederhana sebagai makanan otak yaitu:pertama, sarapan pagi yang baik setiap pagi dengan banyak memakan buah-buahan segar;kedua, makanan siang termasuk dengan sayur-sayuran segar;ketiga, makan banyak ikan, kacang-kacangan dan sayur-sayuran;keempat, olahraga secara teratur untuk memberi oksigen terhadap darah;kelima, bersihkan toksin dari tubuh.
            Selain kecerdasan intelektual,kecerdasan emosional juga sangat penting.Kita sangat dipengaruhi oleh emosi dan apa yang kita pikirkan.Daniel Goleman penulis buku Emotional Intelligence berargumen bahwa kecerdasan emosional lebih penting dari kecerdasan akademik.Dia berkata bahwa paling tinggi IQ berkontribusi 20 persen berkontribusi pada kesuksesan sedangkan sisanya dari faktor-faktor lain. Berpikir positif dan negatif dapat juga menyebabkan perubahan besar dalam proses kerja otak dan penyimpanan informasi sehingga berpengaruh pada kemampuan belajar. Sangat erat hubungan antara pikiran dan tubuh.
            Pentingnya berpikir kreatif dalam menjawab tantangan masa depan selain memunculkan kesadaran pentingnya mengefektifkan otak dan pentingnya menghasilkan manusia yang lebih baik dan lebih cemerlang.Maka semua calon ibu harus memperhatikan:
1.      Bahwa sebagian besar sel otak aktif seorang anak dibawa sejak lahir
2.      Indung telur yang ternutrisi baik selama kehamilan akan membangun rata-rata 250 ribu sel otak setiap menit
3.      Merokok, alcohol dan obat-obatan dapat sangat merusak pertumbuhan otak
4.      Asupan yang kurang selama periode penting dapat menyebabkan ketidakmampuan belajar seumur hidup
5.      Makanlah banyak ikan, sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan dan minyak nabati
6.      Makan sebuah pisang setiap hari selama hamil untuk mendapatkan asupan potassium dan folic acid
7.      Makanan kaya zat besi dan zinc sangat penting bagi pertumbuhan otak bayi
8.      Jika memungkinkan, susui bayi untuk menambah “lapisan” pada sel otak utama
9.       Setelah lahir, pastikan bayi mendapat pemeriksaan pendengaran dan penglihatan secara teratur

            Setelah seorang anak lahir maka orang tua harus memperhatikan tahun-tahun pentingnya mulai dari lahir hingga ia berumur sepuluh tahun.Tugas orang tua dan guru adalah mengetahui bagaimana memperkaya kecerdasan anak sejak lahir hingga berusia sepuluh tahun.Hal-hal yang perlu diketahui mengenai hal tersebut sebagaimana disebut buku ini yaitu:
  1. Lima puluh persen kemampuan seseorang untuk belajar dikembangkan dalam empat tahun pertama dari kehidupan
  2. Tiga puluh persen lainnya dikembangkan hingga usianya mencapai delapan tahun
  3. Tahun-tahun penting itu merupakan jalan yang menjadi dasar kemampuan belajarnya di masa depan
  4. Setelah usia sepuluh tahun, cabang-cabang yang tidak dibuat hubungannya akan mati
  5. Pemuda adalah pendidik terbaik bagi mereka sendiri dan orang tua adalah guru terbaik pertama mereka
  6. Anak muda belajar dengan cara terbaik dengan pengalaman melalui indera mereka maka rangsanglah indera-indera mereka
  7. Rumah, pantai, hutan, tempat bermain, kebun binatang, museum dan area petualangan adalah sekolah terbaik di dunia
  8. Rutinitas fisik rutin dapat membantu bayi siap untuk belajar
  9. Bayi tumbuh dalam sebuah cara terpola  maka pelajarilah pola tersebut
  10. Belajar sesuatu, termasuk membaca, menulis dan matematika bisa dan seharusnya menyenangkan
 Setelah mengetahui bagaimana membangun kecerdasan anak sejak lahir hingga usia sepuluh tahun, maka pada bab 8 pembaca diajak untuk mengetahui rahasia belajar atau bagaimana memogramkan kesuksesan dalam pendidikan dan juga bisnis.Kuncinya ternyata terletak pada membangun self-esteem atau harga diri pada setiap orang.Buku ini mengutip Bettie B Young penulis buku The 6 vital ingredients of Self Esteem:How To Develop Them in Your Student mengatakan bahwa untuk meningkatkan self esteem maka setiap kegiatan pembelajaran harus berprinsip pada:
1.      Program adalah untuk sukses bukan gagal untuk setiap orang
2.      Pelajari suatu pelajaran dari orang yang maju
3.      Konsentrasi pada 6 isi penting yaitu:
-          Keselamatan fisik yaitu kebebasan dari kekerasan fisik
-          Keamanan emosional yaitu ketiadaan intimidasi dan ketakutan
-          Identitas adalah pertanyaan “siapa saya?”
-          Afiliasi adalah sebuah perasaan memiliki
-          Kompetensi adalah perasaan mampu
-          Misi adalah perasaan bahwa hidup seseorang memiliki arti dan arah
Setelah memerhatikan segala hal yang penting diketahui mengenai bagaimana manusia belajar maka pada bab 9 ditulis panduan bagi guru dan trainer  masa depan berupa 6 langkah untuk mengajar:
1.      “Pernyataan” yang benar
- orkestrasikan lingkungan
- suasana hati (mood) positif dari guru dan murid
- afirmasi/menegaskan, menetapkan dan memfokuskan
- hasil (outcome) dan menetapkan tujuan: apa gunanya itu untukku?
- visualisasikan tujuanmu
- jadikan kesalahan sebagai masukan
- poster pinggiran
2.    Presentasi yang benar
-tunjukkan gambaran besarnya terlebih dahulu termasuk kunjungan      lapangan (field trips)
- menggunakan semua gaya belajar dan semua kecerdasan
- menggambar, mind mapping dan visualisasi
- konser music aktif dan pasif
3.     Pikirkan mengenai hal ini
- berpikir kreatif
- berpikir kritis-konseptual, analitis, reflektif
- pemecahan masalah kreatif
- teknik ingatan dalam untuk penyimpanan permanen
- berpikir tentang apa yang Anda pikirkan
4.     menggiatkan untuk memaksa siswa berbicara
       - gunakan itu dan praktikkan
- permainan, lakon pendek, diskusi, drama, termasuk semua gaya belajar dan kecerdasan
5.     Aplikasikan
 -gunakan di luar sekolah
 -lakukan
- tukar siswa menjadi guru
- kombinasikan dengan apa yang sudah Anda ketahui
6. Reviu, evaluasi dan rayakan
- mengetahui bahwa saya tahu
-evaluasi diri/teman/guru
-evaluasi sambil berjalan

Makna buku The Learning Revolution bagi pendidikan di Indonesia
                        Buku ini meskipun bukan buku baru dan sudah diterjemahkan di Indonesia sejak tahun 1990an tetap penting untuk menjadi bahan rujukan bagi orang tua, guru, pengambil kebijakan dan siapa saja yang “concern” pada bidang pendidikan. Buku ini semakin memberi keyakinan bahwa mendidik manusia bukanlah perkara sederhana terlebih dengan tantangan masa depan yang dihadapi oleh anak-anak kita akan semakin kompleks daripada yang kita dan generasi sebelum kita hadapi.
                        Untuk menjadi negara unggul sudah selayaknya kita memberi perhatian terhadap mutu pendidikan yang kita berikan kepada anak bangsa yang akan menjadi penerus bangsa Indonesia.Mengacu kepada buku The Learning Revolution, sudahkan kita menyiapkan anak-anak didik kita dengan kemampuan berpikir kreatif?sudahkah kita memperhatikan nutrisi yang penting bagi pertumbuhan raga dan otak anak-anak kita?sudahkah kita memperhatikan pertumbuhan anak-anak kita sejak dalam kandungan hingga ia lahir dan tumbuh hingga berusia sepuluh tahun?
Kesimpulan
                        Buku The Learning Revolution ditulis berdasarkan proyeksi masa depan yang dihadapi umat manusia.Di masa depan manusia akan menghadapi permasalahan yang lebih sulit dan kompleks daripada yang dihadapi manusia masa kini.Untuk itu pendidikan di masa depan seharusnya diarahkan bagaimana manusia dapat berpikir kreatif sehingga ia terlatih dalam menghadapi permasalahan kehidupannya kelak.
                        Berpikir kreatif sendiri tidak dapat didapat secara instant perlu proses yang diawali dengan mengetahui bagaimana manusia belajar. Belajar ternyata sangat berhubungan dengan cara kerja otak manusia.Tidak banyak orang menyadari betapa besarnya potensi yang dimiliki oleh otak sehingga tidak menggunakannya secara maksimal.Dengan demikian kunci belajar adalah dengan mengetahui cara bekerja otak dalam menyimpan informasi dan kemudian berlatih memaksimalkannya.Untuk itu perlu juga diperhatikan nutrisi yang memungkinkan otak bekerja maksimal.Tidak kalah pentingnya dengan kecerdasan intelektual adalah kecerdasan emosional karena keduanya saling berhubungan.
                        Untuk menghasilkan manusia yang mampu berpikir kreatif ternyata sudah direncanakan sejak kehamilan karena otak manusia sudah dibentuk dalam janin calon ibu.Maka bagi ibu hamil penting untuk menjaga kandungannya dan memberikan nutrisi yang baik.Setelah lahir bayi juga harus selalu diperiksa kesehatan terutama pendengaran dan penglihatannya.Selain itu bayi juga harus dirangsang inderanya dan sebisa mungkin diberikan ASI.Perkembangan kecerdasan seorang anak sangat pesat sejak lahir hingga berusia empat tahun dan berhenti pada usia sepuluh tahun.
                        Setelah mengetahui aspek-aspek penting dari perkembangan manusia yang berkaitan dengan kecerdasannya, maka hal yang menjadi “rahasia” pendidikan manusia yang unggul adalah pendidikan yang mengedepankan atau mengeluarkan “self esteem” atau harga diri dari setiap anak.Dengan memiliki “self esteem” yang baik maka dapat diharapkan seorang anak memiliki persepsi positif mengenai dirinya sendiri sehingga ia dapat belajar dengan gembira dan percaya diri.Ia pun dapat belajar dapat tanpa hambatan.
                        Hal lain yang menjadi kunci mencetak siswa yang dapat kreatif adalah guru atau pelatih yang dapat mempraktikkan langkah-langkah yang tepat dalam mengajar yang mendorong siswa mengerti apa gunanya ia mempelajari bahan yang diberikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar